yAds popunder JS code for pengertian-shalat.blogspot.com - Please paste the code anywhere between and . PENGERTIAN SHALAT: Definisi & Pengertian Sholat Fardhu

Senin, 11 Juni 2012

Definisi & Pengertian Sholat Fardhu


A. Definisi & Pengertian Sholat Fardhu / Wajib Lima Waktu
Shalat secara bahasa berarti berdo’a. dengan kata lain, shalat secara bahasa mempunyai arti mengagungkan. Sedangkan pengertian shalat menurut syara’ adalah ucapan-ucapan dan perbuatan-perbuatan tertentu, yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. Ucapan di sini adalah bacaan-bacaan al-Qur’an, takbir, tasbih, dan do’a. Sedang yang dimaksud dengan perbuatan adalah gerakan-gerakan dalam shalat misalnya berdiri, ruku’, sujud, duduk, dan gerakan-gerakan lain yang dilakukan dalam shalat. 
Sedangkan menurut Hasbi ash-Shiddieqy shalat yaitu beberapa ucapan dan perbuatan yang dimulai dengan takbir, disudahi dengan salam, yang dengannya kita beribadah kepada Allah, menurut syarat-syarat yang telah ditentukan.
Yang dimaksudkan shalat dalam penelitian ini adalah tidak hanya sekedar shalat tanpa adanya penghayatan atau berdampak sama sekali dalam kehidupannya, akan tetapi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah shalat fardlu yang didirikan dengan khusyu’ yakni shalat yang nantinya akan berimplikasi terhadap orang yang melaksanakannya. Pengertian shalat yang dimaksudkan  lebih kepada pengertian shalat menurut Ash Shiddieqy  dari ta’rif shalat yang menggambarkan ruhus shalat (jiwa shalat); yaitu berharap kepada Allah dengan sepenuh jiwa, dengan segala khusyu’ dihadapan-Nya dan berikhlas bagi-Nya serta hadir hati dalam berdzikir, berdo’a dan memuji.
Inilah ruh atau jiwa shalat yang benar dan sekali-kali tidak disyari’atkan shalat karena rupanya, tetapi disyari’atkan karena mengingat jiwanya (ruhnya).
Khusyu’ secara bahasa berasal dari kata khasya’a-yakhsya’u-khusyu’an, atau ikhta dan takhasysya’a yang artinya memusatkan penglihatan pada bumi dan memejamkan mata, atau meringankan suara ketika shalat.  Khusyu’ secara bahasa juga bisa diartikan sungguh-sungguh penuh penyerahan dan kebulatan hati; penuh kesadaran hati.  Arti khusyu’ itu lebih dekat dengan khudhu’ yaitu tunduk, dan takhasysyu’ yaitu membuat diri menjadi khusyu’. Khusyu’ ini dapat terjadi baik pada suara, badan maupun penglihatan. Tiga anggota itulah yang menjadi tanda (simbol) kekhusyu’an seseorang dalam shalat.
Khusyu’ menurut istilah syara’ adalah keadaan jiwa yang tenang dan tawadhu’ (rendah hati), yang kemudian pengaruh khusyu’ dihati tadi akan menjadi tampak pada anggota tubuh yang lainnya.  Sedang menurut A. Syafi’i khusyu’ adalah menyengaja, ikhlas dan tunduk lahir dan batin; dengan menyempurnakan keindahan bentuk/sikap lahirnya, serta memenuhinya dengan kehadiran hati, kesadaran dan pengertian (penta’rifan) segala ucapan bentuk/sikap lahir itu.
Jadi secara utuh yang dimaksudkan oleh penyusun dalam judul penelitian ini adalah mengatasi persoalan-persoalan yang berhubungan dengan psikis sehari-hari seperti masalah rumah tangga, perkawinan, lingkungan kerja, sampai masalah pribadi dengan membiasakan shalat yang dilakukan dengan khusyu’.  Dengan kata lain dalam penelitian ini  akan dibahas tema shalat sebagai mediator untuk mengatasi segala permasalahan manusia sehari-hari yang berhubungan dengan psikis, karena shalat merupakan kewajiban peribadatan (formal) yang paling penting dalam sistem keagamaan Islam. Pengertian Shalat
 
B. Hukum, Tujuan dan Syarat Solat Wajib Fardhu 'Ain
Hukum sholat fardhu lima kali sehari adalah wajib bagi semua orang yang telah dewasa atau akil baligh serta normal tidak gila. Tujuan shalat adalah untuk mencegah perbuatan keji dan munkar.
Untuk melakukan shalat ada syarat-syarat yang harus dipenuhi dulu, yaitu :
1. Beragama Islam
2. Memiliki akal yang waras alias tidak gila atau autis
3. Berusia cukup dewasa
4. Telah sampai dakwah islam kepadanya
5. Bersih dan suci dari najis, haid, nifas, dan lain sebagainya
6. Sadar atau tidak sedang tidur
Syarat sah pelaksanaan sholat adalah sebagai berikut ini :
1. Masuk waktu sholat
2. Menghadap ke kiblat
3. Suci dari najis baik hadas kecil maupun besar
4. Menutup aurat
C. Rukun Shalat
Dalam sholat ada rukun-rukun yang harus kita jalankan, yakni :
1. Niat
2. Posisis berdiri bagi yang mampu
3. Takbiratul ihram
4. Membaca surat al-fatihah
5. Ruku / rukuk yang tumakninah
6. I'tidal yang tuma'ninah
7. Sujud yang tumaninah
8. Duduk di antara dua sujud yang tuma'ninah
9. Sujud kedua yang tuma'ninah
10. Tasyahud
11. Membaca salawat Nabi Muhammad SAW
12. Salam ke kanan lalu ke kiri
D. Yang Membatalkan Aktivitas Sholat Kita
Dalam melaksanakan ibadah salat, sebaiknya kita memperhatikan hal-hal yang mampu membatalkan shalat kita, contohnya seperti :
1. Menjadi hadas / najis baik pada tubuh, pakaian maupun lokasi
2. Berkata-kata kotor
3. Melakukan banyak gerakan di luar sholat bukan darurat
4. Gerakan sholat tidak sesuai rukun shalat dan gerakan yang tidak tuma'ninah.

30 komentar:

  1. thanks gan.. infonya berguna..
    tapi di tambah posting nya tentang sholat2 sunat ya gan :)

    BalasHapus
  2. A'salammuallaikum. terima kasih atas informasinya. shodaqoh97.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Kalau yg saya tau saat diajarkan ada 14 rukun sholat apabila tuma'ninah dihitung 1x atau 17 rukun sholat apabila tuma'ninah dihitung 3x.

    BalasHapus
  4. makasih ijin copy
    ditunggu kunjungan baliknya
    http://dhanhariz5.blogspot.com/

    BalasHapus
  5. Ana sahidda salamun a' laikum wwb..ya abdillah. Apa yg anda pparkan benar bagi yg membenar kan..tp blm tentu bnr di mata zat..sebab dlm alquran ..kebanyakandi setiap kata shalah dibarengi dg zakat..saya jlas kan dan insa allah banar di mt allah..arti shalat yg sesungguh nya..shalat terdiri dari suatu kalimat yg memiliki 4 huruf alquran..sim.ha.lam.& ta..sim.ialah salam yg artinya.SEJAHTEHTRA..ha..ialah.hayu..yg artinya.HIDUP..lam.ialah..latif.yg artinya..LEMBUT..ta..ialah tawab.yg arti nya..TOBAT...jadi perintah shalat yg wajib kan allah ialah...SALAM HAYYU LATIF TAWAB..SEJAHTRA HIDUP/HIDUP SEJAHTRA LEMBUT TAUOBAT...dgan demikian kita bisa menunai kn zakat...

    BalasHapus
  6. artikel ini sangat membantu buat saya, buat nambah-nambah ilmu. tapi sayang tulisannya kecil-kecil. jadi susah buat dibaca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mari kunjungi juga artikel kami yo semoga bisa saling berbagi ilmu perkataanrasul.blogspot.com

      Hapus
  7. Sangat bermanfaat. Mampir ya http://goldenmanners.blogspot.co.id/2016/03/shalat-bukan-penghalang-sukses.html

    BalasHapus
  8. Rukun solat hanya ada 13 sahaja

    BalasHapus
  9. Rukun solat hanya ada 13 sahaja

    BalasHapus
  10. Terima kasih.. Sangat manfaat ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  11. Terima kasih.. Sangat manfaat ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  12. Assalaam ....Shod lam ta. .di baca sholat....shod itu shithotul qolbi yg artinya bersih hati....jd percuma kita sholat klo hati kita kotor dari sifat hasud, iri,dengki,ujub, ria,takabur dsb.,..inti nya sebelum kita menghadap yg maha dzat ..hati kita harus bersih dulu dari segala penyakit hati...dan itu pun berlaku di setiap kehidupan kita sehari hari bukan dalam sholat saja...jd percuma kalo kita sholat tp masih suka iri dengki. .ria, takabur sama orang lain...sholat bukan sekedar bacaan dan gerakan ..tp hati kita juga ikut sholat .....maaf bukan nya ngajarin tp mengingatkan..kalo cuma sekedar bacaan anak kecil juga bisa...kalo cuma sekedar gerakan jungkir balik sampe nungging2 yaaa doger monyet jg bisa....
    Nah kalo hati kita udah bersih terus rendah hati baru bisa masuk huruf lam dalam hati ....lam yang artinya laamabuda ilalloh yaitu ora nono pangeran kang wajib di sembah anging gusti alloh...cukup tanamkan satu dalam hati kita yaitu tiada tuhan yg wajib di ibadahan selain alloh. .kalo sudah kaya gitu insyaalloh khusyu. ..bukan cuma dalam sholat tp di terapkan jg sehari hari....jangan sampai menduakan tuhan selain alloh contoh kecilnya sakit kepala terus minum obat...terus kamu ngucapin untung ada obat kalo nggak bisa parah...itu contoh syirik kecil yg sering kita lakukan tp tidak kita sadari....
    Tinggal huruf ta silahkan tanya aja para ajengan ustad2 setempat biar ada kerjanya...jd PR..karena ilmu itu harus di cari ...bukan cari duit aja...mksih wasalam..

    BalasHapus
  13. Kalo ada salah kata atau kurang sopan tolong di maafkan karena itu murni lahir kebodohan saya sebagai manusia biasa ....shodaqalloohuladzim....hanya alloh dzat yg maha benar dari segalanya.. .amin ya robb...

    BalasHapus
  14. Jangan cuman belajar syari'at kawan,,syariat hanya tuntunan luar dasaran hukum islam..carilah isi dan inti bukan kulitnya saja.

    BalasHapus
  15. Mf sy tanya yg terhormad hadir di sini
    Yg di.maksut mirats sholat ni apa..?
    Krna setau sya mirats ini tentang pembagian waris
    Jd sy mohon di pahamkan yg disebuirats sholat
    .?? Trima kasih

    BalasHapus
  16. jasa pembuatah waterpark, waterboom landscape taman, privatepool, kolam ombak, kolam arus, race slide, boomerang slide,ornaen waterpark dll.
    untuk informasi lebih lanjut hubungi kami di:

    No.tlp : 081977000899 (dewi)
    office : CV. bahagia sukses makmur
    Alamat: Taman Ubud Cendana 1 No.19 Lippo Village

    #waterpark #waterboom #landscapetaman #privatepool#raceslide #spiralslide #bowlslide #bomerangslide #ornamenwaterpark

    BalasHapus
  17. TiGATonic: Titanium headers | TITIAN ART
    TiGATonic: Titanium header titanium nitride coating TINYXO: Titanium headers titanium iv chloride titanium bmx frame TIGATonic: Titanium headers titanium trim as seen on tv TINYXO: Titanium headers TINYXO: Titanium headers TINYXO: Titanium ๋„๋ ˆ๋ฏธ์‹œ๋”” ์ถœ์žฅ์ƒต headers

    BalasHapus